Selasa, 11 Agustus 2015

Belajar HTML Dasar Untuk Pemula

HTML bisa diibaratkan sebagai pondasi dari sebuah bangunan (web), ataupun bisa juga dibilang sebagai kerangka pada website. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara Belajar HTML Dasar Untuk Pemula. Memang pada dasarnya, untuk dapat membuat sebuah website dari awal, penting untuk memahami ilmu HTML ini. Ingat ! bukan dihapali, namun dipahami.

Apa Itu HTML ?

HTML merupakan kepanjangan dari Hypertext Markup Language. Sebuah bahasa Markup (tanda) yang dipergunakan untuk menampilkan halaman website pada browser (seperti: Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dan lain sebagainya).

HTML dijelaskan dalam bentuk tag markup, dan setiap tag menjelaskan isi dokumen yang berbeda. Tag-tag markup ini terdiri dari dua bagian. Pertama tag pembuka, dan kedua adalah tag penutup. Kedua tag ini disimbolkan dengan tanda (markup) kurung lancip pembuka ‘<’ dan ‘>’ untuk penutup. Untuk tag penutup sedikit berbeda, yakni ditambahkan oblique line (garis miring) ‘/’.

Sebagai rumusan sederhananya, adalah seperti gambar dokumentasi dari Belajar HTML-5 dibawah ini :

gambaran sederhana pada html


Sejarah HTML

Setelah sedikit memahami mengenai apa itu HTML, kini kita beralih kepada pembahasan sejarah HTML itu sendiri. Ketika pada tahun 1980, sebuah perusahaan bernama IBM memikirkan suatu pembuatan dokumen yang dimana setiap elemennya dikenali dengan suatu tanda tertentu.

Dan tim IBM inipun telah mendapatkan ide tersebut. Mereka kemudian mengembangkan suatu jenis bahasa berupa teks dimana terdapat perintah-perintah dari setiap pemformatan dokumen web. Bahasa ini dimakan dengan Markup Language (Bahasa Tanda). Dan sistem tersebut dinamakan oleh IBM sebagai GML (Generalized Markup Language).

Contoh Strukur Dokumen HTML

Belajar HTML dasar untuk pemula
Struktur dokumen HTML
Sedikit penjelasan mengenai contoh struktur dokumen HTML diatas :

1.      <!DOCTYPE html> mendefinisikan jenis dokumen pada HTML untuk browser*
2.      <html>  dan </html> mendefinisikan sebagai gambaran pada dokumen HTML
3.      <head> dan </head> memberikan informasi pada dokumen
4.      <title> dan</title> memberikan judul pada dokumen.
5.      <body> dan </body> menggambarkan isi untuk dokumen
6.      <h1> dan </h1> menggambarkan suatu heading (biasa sering digunakan untuk judul)
7.      <p> dan </p> menggambarkan suatu paragraf.

*Catatan : Jenis dokumen <!DOCTYPE html> adalah jenis dokumen untuk HTML 5, pelajaran ini nanti akan kita bahas pada materi-materi selanjutnya.

Sampai disini dulu pengenalan Belajar HTML Dasar Untuk Pemula. Jika ada pembahasan yang kurang, mohon dimaklumi. Atau jika Anda menginginkan saya untuk menambahkan pembahasan pada artikel ini, silahkan berikan tambahan pada komentar dibawah ini. Semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar