Rabu, 12 Agustus 2015

Jenis-Jenis HTML Editor

Dihari kedua belajar HTML Dasar, kini kita akan mengenal  Jenis-Jenis HTML Editor yang cukup sering digunakan oleh para programmer. O iya, jika Anda belum membaca artikel Belajar HTML Untuk Pemula, maka silahkan dibaca terlebih dahulu. Barulah jika sudah selesai baca artikel ini boleh dilanjutkan.

Untuk dapat membuat sebuah website, perlu adanya aplikasi pendukung. Aplikasi ini sering disebut dengan HTML Editor. Aplikasi HTML Editor ada yang gratis, adapula yang berbayar. Kita sebagai nubie yah tidak haruslah memakai HTML Editor yang istimewah, modern, keren bin beken. Yang penting dari satu aplikasi tersebut kita bisa menggunakannya, bisa mengaplikasikannya.

Berikut ini adalah Jenis-Jenis HTML Editor :

Sublime Text

Sublime Text adalah salah satu jenis HTML Editor yang paling saya gunakan, bahkan sering dikatakan aplikasi faforit saya sebagai tempat menampung segala macam kode HTML. Menurut pandangan saya nih, Sublime Text sangatlah menarik, tidak mudah cepat bosan karena background yang diberikan dan serta pewarnaan dari setiap kode, terus ada satu lagi nih. Yaitu text edit pilihannya banyak.

Jenis-Jenis HTML Editor
Sublime Text 3

Biasanya cukup dengan masukin satu kode, tekan enter. Sim salabim langsung keluar kode temannya lagi. Jadi gak repot deh harus ngetik secara manual. Sublime Text sendiri banyak versinya, saat ini saya telah mengupdate atau menggunakan versi terbaru yaitu Sumblime Text 3. Aplikasi html editor ini mensupport Windows dan Apple.

Notepad++

Nah aplikasi editor html yang satu ini, mungkin kembarannya Notepad dari bawaan Windows. Sebenarnya sih, dengan notepad biasa sudah bisa kok digunakan untuk mengocak kode html. Cuman sayangnya yah gak asik. Gak ada warna-warninya saat mengedit, selain itu semuanya harus serba manual. Mungkin kelebihannya disini yaitu, kita bisa belajar lebih jeli untuk memahami kode html kali yah.

Aplikasi notepad++ ini dapat kita instal secara gratis loh teman-teman. Baik banget yah developernya. Text editor yang satu ini cukup ringa, sama seperti Sublime Text. Dan juga banyak fitur yang diberikan. Saya biasanya juga menggunakan text editor yang satu ini. Malahan cuman ada dua ajah yang terinstal di laptop saya.

Adobe Dreamweaver

Wah-wah, ini nih si rajanya text editor. Ketika saya masih menduduki kelas 2 SMK, saya diajarin cara membuat website dari nol. Caranya sama persis seperti struktur HTML kemarin. Perlu Anda ketahui, aplikasi ini berat banget. Walaupun berat, tapi text editor yang satu ini sangat banyak fiturnya, canggih lagi. Yang tidak hanya digunakan untuik html editor saja, namun juga bahasa pemograman lainnya. Intinya, jika teman-teman menggunakn aplikasi yang satu ini, beh pusing tujuh keliling deh.

Page Breeze

Nah ketika saya awal-awal masih belajar html, saya menemui banyak banget jenis-jenis html editor (text editor). Kemudian saya membeli satu buku cara belajar membuat website yang ada cd bonusnya. Dan didalam cd bonus tersebut terdapat software page breeze. Aplikasinya cukup ringat, modelnya agak-agak mirip adobe dreamweaver gimana gitu. Seperti terdukung oleh WYSIWYG.

Cukup sampai disini saja deh mengenal beberapa Jenis-Jenis HTML Editor. Sebenarnya banyak banget, bukan lagi banyak, tapi buannyak !. Mungkin teman-teman pembaca artikel ini, mau menambahkan list text editor pada komentar yang sudah saya sediakan. :)

1 komentar: